Usaha Ikan Cupang – Belakangan ini ikan cupang sedang disukai warga untuk dipiara. Tentu saja ini dapat menjadi kesempatan usaha baru yang memberikan keuntungan.

Tetapi, untuk mengawali usaha ikan cupang tidak asal-asalan. Harus mempunyai pengetahuan lebih dahulu saat sebelum memperdalam usaha ini.Berikut 5 panduan budi daya ikan cupang yang hendak jadi usaha.

5 Cara Pemula Usaha Ikan Cupang

1 | Ketahui Tipe-Jenis Ikan Cupang

Pertama, kalian harus tahu lebih dahulu tipe ikan cupang. Ikan cupang itu dipisah jadi dua, cupang beradu dan cupang hias. Disamping itu, ada beberapa spesies ikan cupang yang sebagiannya mempunyai harga tinggi.
Untuk ketahui spesies ikan cupang yang mempunyai harga tinggi, kalian dapat gabung dengan komune beberapa pencinta cupang atau bersahabat dengan beberapa pedagang iklan cupang yang lain. Dari sini kalian akan memperoleh pengetahuan sekitar ikan cupang dan tidak salah saat jual tipe ikan cupang pada harga tinggi.

2 | Memasangkan Ikan Cupang

Sesudah ketahui beberapa jenis ikan cupang yang hendak kalian budi daya, kalian dapat segera beli bibit cupang dan memasangkan di antara ikan cupang betina dan ikan cupang jantan.
Tetapi, memasangkan ikan cupang harus berhati-hati. Ikan cupang yang di kawinkan mempunyai minimum usia sekitaran empat bulan sampai delapan bulan. Untuk cupang jantan memiliki beberapa ciri, gerakannya telah gesit dan mempunyai sirip yang panjang. Sementara untuk cupang betina yang pantas di kawinkan memiliki beberapa ciri, gerakannya lamban dan tubuh ikannya membulat.

3 | Pemijahan Ikan Cupang

Bila ikan cupang kalian telah pantas di kawinkan, seterusnya lakukan pemijahan. Makna pemijahan sendiri ialah proses keluarkan sel telur oleh sang betina dan sperma oleh si jantan. Perkawinan ikan cupang ini dapat hasilkan beberapa ribu bibit baru sesudah di buahi, tetapi tingkat kematian bibit baru ini tinggi sekali hingga yang mungkin hidup cuma sekitaran 30 sampai 50 cupang.

Beberapa langkah lakukan pemijahan.

  1. Kerjakan pemijahan pada pagi hari, jam 10 pagi, atau pada sore hari sekitaran jam 4 sampai jam 6, jaukan dari keramaian
  2. Kalian harus persiapkan tempat, dapat dari topeles plastik atau akuarium sama ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm dengan isi air kurang lebih 10 cm sampai 15 cm
  3. Masukan tumbuhan air ke lokasi yang nanti tumbuhan ini sebagai berlindungnya burayak (anakan ikan)
  4. Tambahkan ikan cupang jantan ke tempat dalam kurun waktu sepanjang hari supaya hasilkan gelembung untuk penyimpanan telur
  5. Apabila sudah hasilkan gelembung, masukan cupang betina
    Tunggulan sampai tiga hari supaya telur-telur cupang jadi burayak.
  6. Alihkan burayak ke arah tempat berlainan dan berilah kutu air (makanan cupang)
    Selanjutnya, tunggu burayak ini sampai masuk usia 1,lima bulan. Nanti, cupang ini dapat kalian alihkan ke akuarium semakin lebih besar berdasarkan tipe kelamin

4 | Tehnik Menjaga Ikan Cupang

Ikan-ikan cupang yang ingin di pasarkan harus jadi perhatian perawatannya, di antaranya jaga kualitas air dengan di tukar dengan periodik dan janganlah lupa untuk memberi filter pencuci supaya keadaan ikan selalu sehat.
Selanjutnya, jangan menyatukan ikan cupang jantan dalam satu akuarium karena cupang jantan mempunyai karakter agresif yang hendak serang keduanya.
Disamping itu, makanan cupang harus di beri yang terbaik, kutu air satu di antaranya. Pemberian makan cupang dapat di laksanakan 3x sampai 4x dalam satu hari.

5 | Melakukan Pemasaran dan Penjualan

Sesudah lakukan perawatan yang bagus, waktunya kalian lakukan marketing untuk menjualnya. Kalian dapat jualan lewat komune pencinta ikan cupang, tawarkan ke beberapa teman, dan lakukan marketing lewat sosial media.
Kalian akan mendapatkan keuntungan dari jual ikan cupang ini bergantung spesies apa yang di pasarkan, harga range belasan ribu sampai beberapa ratus ribu.
Nah, itulah beberapa cara yang dapat kalian kerjakan untuk mengawali usaha ikan cupang! Bila di telateni terus-terusan, kalian akan mendapatkan keuntungan besar.