Ternak Lele – Budi daya peternak lele menjadi satu di antara usaha yang banyak di telateni oleh warga Indonesia.

Hal ini karena lele kerap di makan oleh warga, mempunyai gizi dan vitamin, makanan yang bisa di makan tiap hari dan mempunyai potensi memperoleh pendapatan yang prospektif.

Bila Anda berminat untuk berusaha dalam budi daya peternak lele, karena itu ada banyak hal yang penting Anda lihat.

Lantas, hal apa yang perlu Anda persiapkan untuk budi daya peternak lele?

3 Hal Persiapan Budidaya Ternak Lele

1. Siapkan Kolam

Saat membuat kolam, Anda bisa membuat dengan semen atau secara terpal. Anda pun perlu memerhatikan berkenaan kedalamannya supaya ikan tidak kepanasan. Pastikan Anda memerhatikan untuk mengurus airnya.

Janganlah lupa untuk biarkan lebih dulu untuk pembangunan lumut. Ini menolong supaya air jadi tidak cepat kotor. Seterusnya karena itu proses pembibitan bisa di laksanakan.

Disamping itu, pastikan jangan memakai air sisa sampah.

2. Proses pembibitan

Untuk hasilkan ikan lele yang berkualitas, karena itu seharusnya Anda pun mempunyai pengetahuan saat pilih bibit yang unggul.

Bila Anda masih pemula, Anda bisa berusaha untuk pilih bibit lele tipe dumbo. Ini karena perawatannya yang gampang dan pun tidak repot.

Anda pun bisa menanyakan ke rekan pemilik bibit paling di percaya Anda.

Selanjutnya dalam kurun waktu menyebar bibit, Anda pun perlu memerhatikan waktu yang bagus.

Jauhi masukkan bibit lele dengan bersama. Anda bisa menyebar lele baik saat pagi hari atau malam hari.

3. Proses perawatan

Untuk proses perawatannya, Anda bisa pilih pakan lele yang bagus seperti pilih gizi yang bagus. Anda bisa memberinya baik saat pagi, sore dan malam hari.

Selanjutnya, Anda pun perlu memerhatikan hama. Karena itu, suplemen tambahan perlu di beri pada ikan.

Untuk kegiatan panennya sendiri bisa di laksanakan yaitu sesudah tiga bulan penangkaran.

Modal dalam usaha peternak lele

Saat mempunyai modal usaha peternak lele, Anda bisa mempersiapkan ongkos sejumlah Rp2-3 juta-an saja, bergantung dalam jumlah bibit dan seberapa banyak kolam yang Anda bisa siapkan.

Misalnya, untuk menyiapkan kolam Anda bisa mempersiapkan ongkos sekitaran Rp1 juta. Ini karena untuk ongkos 2 buah terpal, rangka kolam, dan untuk ongkos yang lain.

Lantas, Anda pun membutuhkan ongkos dalam operasional seperti beli bibit sekitar 2000 ekor, pakan vitamin dan obat. Jumlah ongkos itu mencakup sekitaran Rp1,1 sampai Rp1,3 juta-an saja.

Anggapan Keuntungan

1 kg lele siap panen umumnya berisi 7-8 ekor. Dengan anggapan kehilangan 10%, hasil panen dapat capai 113 kg.

Sekarang ini, harga satu kg lele di pasar ialah Rp25.000,00 sampai Rp30.000,00. Karena itu, keuntungan yang Anda peroleh sekitar 1,2 sampai 1,tujuh juta (113 x Rp25.000,00 = Rp2.825.000,00).