Panduan Setting Target Geografis Pada Google webmaster Tool

Kita semua tahu bahwa Google Webmaster Tools memungkinkan pengaturan target geografis. Dengan pengaturan target negara / lokasi, webmaster memberikan sinyal khusus untuk Google tentang negara / lokasi yang mereka ingin fokuskan.

Bagaimana jika saya ingin menetapkan Target Negara?

Jika bisnis Anda terfokus pada target pemirsa negara tertentu, Anda dapat membuat pengaturan yang sesuai pada Google Webmaster Tools, sehingga, Anda dapat menargetkan negara pilihan Anda.
Misalnya, Katakanlah target website Anda adalah pasar AS. Jadi, dengan menetapkan “Amerika Serikat” sebagai target geografis, Anda akan dapat fokus pada muncul di bagian atas peringkat mesin pencari ditampilkan oleh www.google.com (AS).

Gambar berikut menjelaskan bagaimana Anda dapat mengatur negara tertentu sebagai target Geografis di Google Webmaster Tools:

Keuntungan
• Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik untuk Top-Level domain untuk Kode Negara yang telah ditargetkan.

Kerugian
• Anda tidak akan dapat melihat hasil yang luas dalam peringkat mesin pencari dari negara lain

Bagaimana jika saya Tidak Mengatur Lokasi Geografis?

Jika Anda tidak ingin menargetkan negara tertentu, Anda hanya perlu untuk menjaga kotak dicentang seperti yang ditunjukkan pada gambar diberikan di bawah ini:

Keuntungan
• Anda akan menargetkan khalayak global, di semua negara

Kerugian
• Anda tidak akan dapat melihat hasil yang luas dalam peringkat mesin pencari di negara tertentu

Setelah membaca berbagai keuntungan dan kerugian, Anda mungkin bertanya-tanya apakah saya dapat menggabungkan kedua pilihan untuk mendapatkan yang terbaik dari keduanya? Ya Anda bisa.

Bagaimana jika saya ingin memberikan lebih penting untuk suatu negara tertentu dan juga mendapatkan keuntungan ‘global’ ?
Pertama, menetapkan lokasi geografis yang Anda ingin fokus pada dan kemudian mengambil langkah berikutnya. Langkah ini baik, penting dan menantang. Sebagai seorang webmaster, untuk mengalami manfaat dari penelusuran global, Anda perlu membuat backlink dengan mengingat lokasi geografis lain karena akan membantu visibilitas website anda secara global.

Misal Anda ingin fokus pada target pemirsa yang berbasis di Amerika Serikat, tetapi Anda masih ingin menerima traffik dari negara-negara lain. Dalam hal ini, Anda perlu mengatur Amerika Serikat sebagai target geografis Anda dengan ‘mencentang’ kotak centang dan memilih ‘Amerika Serikat’ dari menu drop down. Setelah itu, Anda dapat fokus pada menarik backlink dari lokasi geografis lainnya.

Tapi, ini adalah pengecualian dan hanya bisa terjadi dalam kasus-kasus tertentu di mana bisnis Anda menargetkan pasar global, tetapi sebagian besar klien Anda berasal dari negara tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


 

21