Mengetahui Kualitas Backlink Website Anda

Tags:

Jika saya seorang pakar SEO dan internet marketer, memahami dan mengetahui kualitas dari suatu backlink adalah salah satu aspek terpenting dalam pekerjaan ini. Namun, sebagian orang tidak mengerti mengenai hal ini. Kebanyakan orang mementingkan segi kuantitas backlink, padahal yang paling penting adalah backlink yang berkualitas.

Berikut adalah beberapa faktor-faktor yang menentukan kualitas backlink anda:

  1. Dimanakah posisi link anda? Apakah pada template atau pada konten dari sebuah website?
  2. Bagaimanakah penempatan posisi link anda? misalnya pada home page, inner page, atau pada  halaman lainya?
  3. Apakah penempatan backlink anda berapa pada halaman yang memiliki ranking tinggi? Atau penempatan backlink anda paling tidak pada halaman yang memiliki banyak kunjungan.
  4. Apakah halam link anda merupakan halaman yang popular pada berbagai situs social profile/social network?
  5. Apakah halaman tempat link anda adalah halaman yang kompetitif dan memiliki trafik tinggi?
  6.  Apakah halaman link anda di crawl secara teratur oleh search engine?
  7. Apakah halaman link anda di update secara teratur?
  8. Apakah anda menggunakan anchor teks yang sesuai dengan keyword situs anda?
  9. Apakah inbound link diarahkan hanya menuju halaman komersial?
  10. Brapakan banyak link masuk dan link keluar?
  11. Apakah memiliki link terhadap situs directory terpercaya seperti Yahoo dan lainya?

Beberapa faktor diatas adalah faktor yang sangat menentukan kualitas dari backlink. Membuat profil backlink yang berkualitas merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan posisi pada SERP. Sebagian besar orang hanya mementingkan jumlah link yang terhubung dengan website mereka, padahal kualitas jauh lebih penting.

Link berbayar (Jual Beli Link)

Sebagian besar search engine menganggap bahwa membeli link untuk meningkatkan backlink adalah pelanggaran dari kebijakan. Pelanggaran ini bisa menyebabkan deindex atau dihapusnya indeks dari halaman search engine. Sebagian besar search engine menginginkan pertumbuhan link secara natural, karena pertumbuhan link adalah indikasi dari kualitas blog/situs.

Sebagian orang membeli link dengan ceroboh, mereka biasanya membeli link selama 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun. Hal ini tentu akan mudah diketahui oleh search engine, karena link tersebut bersifat sementara. Jika anda membeli link, ada berbagai tips yang sebaiknya anda gunakan. Sebaiknya anda membeli link perlahan-lahan dalam waktu jangka panjang dan sebaiknya anda membeli permanent link. Anda juga harus memasang anchor text yang sesuai untuk setiap link yang anda beli untuk mendapatkan hasil maksimal.

Link Churn

Sebagai pembeli link Anda ingin membeli link permanen sedangkan untuk para penjual link mereka ingin pendapatan bulanan. Link bulanan merupakan hal yang sangat berbahaya dan sangat mudah diketahui oleh search engine, bayangkan jika tiba-tiba muncul link yang mengarah kepada situs anda kemudian dalam beberapa bulan link itu menghilang. Hal ini tentu saja sangat mencurigakan bagi search engine apapun, dan mereka akan segera melakukan tindakan.

Anchor Text dan Fokus URL

Jika anda tidak mampu membeli link permanen, anda bisa membangun link permanen anda sendiri dengan membuat dummy blog. Anda bisa membuat dummy blog untuk anda gunakan sebagai ladang link permanen untuk situs anda. Hal ini akan terlihat lebih natural jika dibandingkan dengan anda membeli link bulanan.

Anda bisa mempelajari sumber link yang mengarah pada website pesaing anda, anda bisa meniru cara mereka mendapatkan backlink dan kemungkinan anda akan mendapatkan hasil yang mendekati posisi SERP dari pesaing anda. Tetapi sebaiknya anda mempelajari lebih dalam mengenai backlink yang digunakan oleh pesaing anda.

Pada dasarnya semua mesin pencari menginginkan backlink yang natural, maka sebaiknya anda juga membangun backlink yang natural. Kualitas konten merupakan salah satu hal yang menentukan dalam link building, jika ingin mendapat hasil maksimal, perbaikilah kualitas konten anda.

Sabotase link saat ini merupakan hal yang umum terjadi, seseorang biasanya ingin mendapatkan backlink secara curang. Mereka mencoba melakukan sabotase untuk mendapatkan link permanen secara gratis. Anda harus sering memeriksa apakah situs anda di sabotase oleh orang lain.

Kesimpulan dari tulisan ini :

  1. Mengetahui kualitas backlink adalah sesuatu yang rumit.
  2. Anda perlu melihat berbagai faktor-faktor seperti penempatan, usia situs, tujuan, anchor text, kekuatan link, dan popularitas halaman link.
  3. Ketika membangun link anda sebaiknya tidak hanya focus pada satu kata kunci, anda harus menggunakan berbagai pilihan kata kunci agar terlihat natural.
  4. Hindari membeli link karena hal ini melanggar pedoman Google.
  5. Periksa profil backlink Anda secara teratur, jika terlihat ada seseorang mencoba menyabotase link anda, anda bisa melaporkan hal ini kepada Google.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


 

21