6 Cara Membuat Custom Report Google Analytic

Google analytic merupakan salah satu aplikasi paling handal untuk menganalisa website kita. Aplikasi ini disediakan oleh Google dan dapat kita gunakan secara bebas. Google analytic mampu memberikan laporan yang kita butuhkan sebagai dasar untuk analisa mendalam mengenai kualitas dan trafik pada website yang kita miliki.

Google Analytics adalah alat terbaik untuk mengumpulkan data mengenai kinerja website kita. Google analytic juga bisa kita gunakan untuk mengukur keberhasilan SEO yang kita lakukan. Jika anda belum pernah menggunakan Google analytic sebelumnya, anda sebaiknya memahami mengenai dasar laporan pada Google analytic.

Metrik – Sebuah metrik adalah ukuran kualitatif tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs Anda. Anda dapat memilih lima kelompok yang berbeda dari metrik: Penggunaan Situs, Konten, Tujuan, E-Commerce, dan Iklan.

Dimensi – dimensi adalah karakteristik dari pengunjung atau halaman di situs Anda yang dapat Anda gunakan untuk mengatur metrik Anda. Anda dapat menyertakan hingga lima dimensi dalam setiap laporan.

Membuat Custom Report Dengan Google Analytic

Setelah anda mengetahui dasar laporan untuk Google analytic, sekarang saatnya anda bisa memulai membuat custom report. Misalnya jika saya ingin membuat laporan untuk menganalisis kinerja kata kunci untuk halaman berbeda dari situs web saya. Saya telah membuat garis besar dimensi dan metrik dan saya ingin memasukkan dalam laporan saya. Dimensi utama saya memiliki focus pada Judul Halaman dan saya ingin menelusuri dimensi kata kunci. Saya akan mengukur kinerja dengan cara melihat Kunjungan, rata-rata lama kunjungan di Situs, rata-rata lama kunjungan pada Halaman, Halaman / Kunjungan dan bounce rate.

Langkah 1: Buat Custom Report

Untuk membuat custom report baru klik pada “Custom Report” di kolom bagian kiri. Ketika Kemudian klik “Manage Custom Reports”. kemudian klik “Create new custom report” di sudut kanan atas halaman.

Langkah 2: Berikan Nama Pada Laporan

Hal pertama yang akan Anda ingin lakukan ketika Anda memasuki halaman custom report adalah untuk membuat nama laporan Anda. Buatlah judul yang sederhana pad alaporan anda namun mudah diidentifikasi. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi laporan Anda dari daftar laporan yang telah tersimpan. Klik “edit” di sebelah kolom judul, ketik judul kustom Anda, dan tekan “apply”.

Langkah 3: Pilih Dimensi Anda

Untuk memilih dimensi langkah yang harus Anda lakukan adalah drag dan drop setiap dimensi ke dalam slot yang sesuai. Google telah membuat hal ini mudah dilakukan karena memiliki kode warna di mana dimensi dan metrik harus ditempatkan.

Langkah 4: Preview Laporan Anda

Anda dapat melihat laporan Anda setiap saat selama proses pembuatan. Cukup klik “Preview Report” dan sebuah jendela baru akan muncul dan menampilkan laporan sesuai yang anda inginkan.

Langkah 5: Buat Laporan Anda

Setelah Anda puas dengan laporan yang Anda buat, kemudian klik pada “Create Report” pada bagian bawah halaman. Jika anda melakukan klik pada sebuah halaman, anda akan dibawa menjuju sekumpulan kata kunci yangmembawa pengunjung mendatangi halan anda tersebut.

Langkah 6: Mengelola Laporan Anda

Setelah Anda membuat lapora, maka laporan anda akan disimpan ke Manage Custom Report list. Dari sini Anda dapat kembali dan mengedit laporan Anda setiap saat. Jika Anda merasa bahwa itu tidak cukup memberikan informasi yang anda butuhkan, maka Anda dapat menambah, menghapus, atau mengatur ulang salah satu metrik atau dimensi. Anda sebaiknya mencoba berbagai custom report agar anda bisa mendapatkan analisa mendalam melalui Google Analytic. Anda harus kreatif dalam mengatur laporan yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


 

21