10 Tempat Terbaik Untuk Menempatkan Opt-in Form Email Marketing

opt in form

Sebuah daftar email merupakan suatu hal yang paling penting bagi pemilik toko online, karena dengan memiliki daftar email pelanggan kita bisa dengan mudah menghubungi mereka kapanpun kita akan melakukan penawaran. Salah satu cara untuk mendapatkan email dari para pelanggan adalah dengan menempatkan opt-in form pada website, sehingga pelanggan bisa mengisi daftar opt-in tersebut.

Berikut ini adalah 10 tempat terbaik untuk menempatkan opt-in pada website anda.

1. Di atas Header

Jika salah satu prioritas utama Anda adalah untuk membangun opt-in daftar email, sebaiknya anda menaruh opt-in pada tempat yang paling mudah untuk dilihat. Anda bisa meletakkanya pada header, karena header adalah bagian pertama yang sebagian besar pengunjung lihat pertama kali ketika mengunjungi sebuah situs, menempatkan opt-dalam bentuk tepat di atas header membuat anda akan mendapatkan eksposur yang maksimal.

Ada beberapa cara untuk menempatkan opt-in di atas header, tetapi menggunakan plugin WordPress adalah cara termudah untuk melakukanya. Halo Bar dan ViperBar adalah dua plugin populer untuk masalah ini.

2. Di dalam Header

Tempat lain yang bagus untuk menempatkan opt-in form terletak di dalam header. Ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menempatkan opt-in form untuk website anda.

3. Di Dalam Kotak Fitur

Sebuah kotak fitur adalah kotak konten yang terletak tepat di bawah header. Hal ini biasanya digunakan untuk menyoroti beberapa posting yang paling populer, anda juga bisa menggunakan kotak fitur untuk menyorot opt-in form, dan kemungkinan anda akan menjadi lebih besar untuk mendapat daftar email.

4. Sidebar Atas

Salah satu lokasi yang paling populer untuk menempatkan opt-in form adalah bagian kanan atas sidebar. Seperti yang Anda lihat, copyblogger Brian Clark menggunakan lokasi ini untuk menempatkan opt-in form.

Anda harus berhati-hati dengan lokasi ini. Pojok kanan telah terbukti menjadi blind spot. Menggunakan fitur desain (seperti warna) untuk membuat form terlihat lebih menonjol adalah ide yang baik.

5. Di Tengah Post Anda

Anda dapat menempatkan opt-in form ditengah konten Anda. Ini adalah lokasi yang bagus karena akan memiliki perhatian dari pembaca. Dan sementara Anda memiliki perhatian mereka, Anda dapat mengingatkan kepada mereka bahwa mereka dapat berlangganan situs anda.

6. Di bawah Single Post

Akhir sebuah single post juga posisi yang baik untuk sebuah opt-in form. Dengan menempatkan formulir di sini, Anda tidak mengganggu pembaca saat mereka membaca konten Anda, tetapi lokasi ini akan memperoleh perhatian mereka saat mereka sedang menyelesaikan membaca konten anda.

7. Footer

Dengan menempatkan formulir pada bagian footer Anda dapat mencegat para pengunjung yang ingin meninggalkan halaman tersebut, selain itu opt-in anda akan terlihat di setiap halaman karena berada pada footer.

8. Lightbox Pop-up

Pop up merupakan salah satu hal yang tidak disukai pengunjung. Ya kebanyakan orang menganggapnya menjengkelkan. Tapi mereka masih efektif untuk mendapatkan daftar email, dan itulah sebabnya mereka masih ada. Tingkat konversi untuk sign-up melalui pop-up masih tinggi jika itu adalah penawaran yang meyakinkan.

9. Signatures (Email, Forum, Etc)

Sementara kebanyakan orang fokus pada opt-in form pada situs Web mereka / blog, berbagai forum maupun penyedia email menyediakan signature yang bisa anda isi dengan link yang mengarah ke opt-in form yang anda miliki. Tempatkan link di bagian signature email Anda. Jika Anda aktif di forum tempatkan link di signature profil Anda pada forum tersebut.

10. Halaman Media Sosial (Facebook, Twitter)

Anda dapat menambahkan link singkat ke Twitter Bio. Tambahkan link ke profil Facebook Anda. Anda juga bisa membuat opt-in yang sebenarnya formulir di halaman fan page anda di Facebook dengan Iframe.

Seperti yang Anda lihat, ada berbagai pilihan lokasi untuk menempatkan opt-in form. Anda dapat memilih beberapa tempat atau mencoba melakukan penempatan satu per satu. Setiap orang dapat mencoba dengan variasi masing-masing dan mendapatkan hasil yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


 

21